Peran Mediasi Motivasi dan Kompetensi pada Hubungan Sertifikasi Guru terhadap Kinerja Para Guru

Authors

  • Rosnah Universitas Lancang Kuning

DOI:

https://doi.org/10.55356/jksm.v1i1.9

Keywords:

Mediasi, Motivasi, Kompetensi, Sertifikasi, Kinerja

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada Dinas Pendidikan Kabupaten Indragiri Hilir dengan tujuan untuk mengetahui peran mediasi motivasi dan kompetensi pada hubungan sertifikasi guru terhadap kinerja para guru SMPN di Kabupaten Indragiri Hilir. Populasi penelitian yang dilakukan peneliti adalah guru dilingkungan SMPN di Kabupaten Indragiri. Jumlah populasi dalam penelitian ini sekaligus dijadikan sampel sebanyak 100 orang. Analisa data penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan analisis verifikatif, sebagai alat analisis digunakan Structural Equational Model yang diproses dengan software SmartPLS2. Hasil analisis membuktikan bahwa Sertifikasi berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru SMPN di Kabupaten Indragiri Hilir, Sertifikasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kompetensi guru SMPN di Kabupaten Indragiri Hilir, Motivasi kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru SMPN di Kabupaten Indragiri Hilir, Kompetensi guru tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja SMPN di Kabupaten Indragiri Hilir, Sertifikasi guru berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja SMPN di Kabupaten Indragiri Hilir, Sertifikasi secara tidak langsung melalui kompetensi sebagai variabel mediasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru SMPN di Indragiri Hilir, Sertifikasi secara tidak langsung melalui motivasi kerja sebagai variabel mediasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja Guru pada Guru SMPN di Kabupaten Indragiri Hilir.

References

Ali Mudlofir. (2012). Pendidik Profesional Konsep, Strategi dan Aplikasinya dalam Peningkatan Mutu Pendidik di Indonesia. Depok: PT Raja Grafindo

A.M, Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Anna Dwi Jayanti. Sertifikasi, Motivasi, Kompetensi Pengaruhnya Terhadap Kinerja Guru (Pada Guru SMK Negeri 11 Kota Malang) e–Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Unisma.

Anwar Prabu Mangkunegara. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Atep Hilman Hilmi. Pengaruh Motivasi Guru Terhadap Kompetensi Guru dalam Mewujudkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Khazanah Akademia Vol. 02; No. 01; 2018; 85-93

Augusty, Ferdinand. (2006). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Bernawi Munthe. (2009). Desain Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani

Budi Hartana. Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial, Jilid 2, Nomor 2, November 2013, hlm 147 – 162

Burnawi dan Mohammad Arifin. (2012). Etika dan Profesi Kependidikan. Jogjakarta: Ar-ruzz media.

Dirjen PMPTK. (2007). Pembinaan dan Pengembangan Sertifikasi Guru. Jakarta,

Depdiknas

Dessler, Gary. (2007). Manajemen Sumberdaya Manusia. Jakarta : PT. Prenhallindo.

Fatiah Kharisma Melati, Susilaningsih, Sohidin. Pengaruh Sertifikasi Guru Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Sma N 5 Surakarta. Juli, 2013. Jupe UNS, Vol. 2 No. 1, Hal 71 s/d 82

Faustino Cardoso Gomes. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi Offset.

Fenti Ristianey, Edi Harapan, Destiniar. Pengaruh Sertifikasi Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan). Volume 6, No. 1, Januari-Juni 2021

Gomes, Faustino Cardoso. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Kedua. Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.

Hasibuan, S.P Malayu. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Handoko, T. Hani. (2004). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Haji Masagung.

Hesti Murwati. Pengaruh Sertifikasi Profesi Guru Terhadap Motivasi Kerja Dan Kinerja Guru Di Smk Negeri Se-Surakarta. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi (BISE) Vol.1 No.1 Tahun 2013

Ikhsan Jamad Akbar. Pengaruh Sertifikasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru MTSN 1 Kota Bengkulu. An-Nizom | Vol. I, No. 2, Agustus 2016

Imam Ghozali. (2011). Aplikasi Analisis Multivarite dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Undip.

J.B Situmorang dan Winarno. (2008). Pendidikan Profesi dan Sertifikasi Pendidik. Klaten: Macanan Jaya Cemerlang

Jamil Suprihatiningkrum. (2014). Guru Profesional: Pedoman Kinerja, Kualifikasi & Kompetensi Guru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Jamil Suprihatiningrum. (2014). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media

Jejen Musfah. (2012). Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Khotimah. Pengaruh Tunjangan Profesi Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Di Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon. Edulead Vol. 1 No. 1, Maret 2019

Komang Sukarana, Nyoman Dantes,Gede Rasben Dantes. Motivasi Kerja Dan Kinerja Guru Ditinjau Dari Status Sertifikasi Pada Guru-Guru Se-Kecamatan Abang Tahun Pembelajaran 2013/2014. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar (Volume 5 Tahun 2015)

Kulasse Kanto. Pengaruh Sertifikasi Terhadap Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja & Kinerja Guru BK Sman Journal of EST, Volume 1, Nomor 2, September 2015 hal 61 –73.

Marselus R Payong. (2011). Sertifkasi Profesi Guru. Jakarta: Indeks Malayu.

Martinis Yamin & Maisah. (2010). Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta : Persada Press

Mulyasa. (2013). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muslich, Mansur. (2007). KTSP. Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Panduan Bagi Guru. Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara.

Musfah, Jejen. (2012). Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Munthe, Bermawi. (2009). Desain Pembelajaran. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani

Minto Waluyo. (2011). Panduan dan Aplikasi Struktural Equation Modelling untuk Aplikasi Model dalam Penelitian Teknik Industri, Psikologi, Sosial dan Manajemen, Jakarta: PT. Indeks.

Nugraha. Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Akuntansi & Keuangan. February 2019

Pandji Anoraga. (2005). Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta. Suyatno. (2007). Panduan Sertifikasi Guru. Jakarta: Indeks

Sadili Samsudin. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia. Sagala, Syaiful. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV.

Sadirman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sinarta Daud Karo-Karo dan Auldry F. Walukow. Pengaruh Pemberian Tunjangan Sertifikasi Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Mipa Sma Di Kabupaten Jayapura. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia Volume: 1 Nomor: 2 1 Juni 2013

Suyanto dan Asep Jihad. (2013). Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Globalisasi. Jakarta: Erlangga.

Suyadi Prawirosentono. (2009). Manajemen Produktivitas. Jakarta: PT. Bumi Angkasa.

Sugiyono. (2007). Statistika untuk penelitian, Bandung : Alfabeta

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yayat Hidayat.Peningkatan Kinerja Dan Motivasi Mengajar Terhadap Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Pendidikan Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, Vol. II, No.1 Februari 2020

Downloads

Published

2022-02-25