Analisis Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dan Belanja Modal Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Serta Dampaknya Pada Tingkat Kemiskinan Di Provinsi Riau

Authors

  • Irwan Saputra Universitas Lancang Kuning
  • Bambang Supeno Universitas Lancang Kuning
  • Jeni Wardi Universitas Lancang Kuning

DOI:

https://doi.org/10.55356/jksm.v2i2.98

Keywords:

Pendapatan Asli Daerah, Belanja Modal, Pertumbuhan Ekonomi, Tingkat Kemiskinan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) Belanja Modal terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan dampaknya terhadap Tingkat Kemiskinan pada 12 daerahKabupaten / Kota di Provinsi Riau tahun 2016-2020. Penelitian dilakukan selama 6 bulan, dari bulan Juni sampai Desember 2022. Objek penelitian ini adalah 12 daerah Kabupaten / Kota di Provinsi Riau, populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 12 daerah Kabupaten / Kota di Provinsi Riau. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh berdasarkan dokumentasi hasil publikasi BPS (Badan Pusat Statistik) untuk data Pertumbuhan Ekonomi dan Tingkat Kemiskinan, sedangkan data Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan Belanja Modal. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Jalur dengan menggunakan metode Parsial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendapatan Asli Daerah (PAD) berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap pertumbuhan Ekonomi (PDRB), Belanja Modal (BM) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi (PDRB), dan Pertumbuhan Ekonomi (PDRB) berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Tingkat Kemiskinan (PK). Diharapkan penelitian ini dapat menambah khasanah pengembangan ilmu manajemen keuangan baik dalam kajian empiris maupun teoritis Bagi akademisi dan mahasiswa. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi tambahan referensi khususnya yang berkaitan dengan analisis tentang PAD dan Belanja Modal pengaruhnya terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan serta dampaknya terhadap Tingkat Kemiskinan pada Kabupaten/Kota di Provinsi Riau.

 

Author Biographies

Irwan Saputra, Universitas Lancang Kuning

 

 

Bambang Supeno, Universitas Lancang Kuning

 

 

Jeni Wardi, Universitas Lancang Kuning

 

 

References

Adi, Priyo, Hadi, 2012. Dampak Desentralisasi Fiskal terhadap Pertumbuhan Ekonomi: Studi pada Kabupaten dan Kota se Jawa-Bali. Jurnal Interdispliner UKSW, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga.

Adit Agus P., 2010. Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kemiskinan (Studi Kasus 35 kabupaten/Kota Di Jawa Tengah). Jurnal Tesis, Tidak Dipublikasikan. Fakultas Ekonomi Undip. Semarang.

Andri, Devita, Arman Delis dan Junaidi, 2014. “Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum dan Jumlah Penduduk terhadap Belanja Daerah Kabupaten / Kota di Provinsi Jambi”.Jurnal Persfektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah Vol. 2, No. 2, Oktober-Desember.

Andyka, Arief dan Pratomo, 2015. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Dana Bagi Hasil dan Belanja Daerah Terhadap Tingkat Kemiskinan DKI Jakarta. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Vol. 1, No. 1, April, Universitas Diponegoro, Semarang.

Anis Setiyawati dan Ardi Hamzah, 2007. Analisis Pengaruh PAD, DAU, DAK, dan Belanja Pembangunan terhadap Pertumbuhan Ekonomi, Kemiskinan, dan Pengangguran: Pendekatan Analisis Jalur. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia, Vol. 4, No. 2, Hal. 211-228. Universitas Trunojoyo, Semarang.

Arius, Jonaidi, 2012. Analisis Pertumbuhan Ekonomi dan KemiskinanDi Indonesia,Jurnal Kajian Ekonomi Vol. 1, No. 1, April, Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Agam.

Arsyad, Lincolin. 2010. Ekonomi Pembangunan. Edisi ke-7. STIE YKPN. Yogyakarta.

Asepma Hygi Prihastuti, Taufeni Taufik,dan Restu Agusti, 2015. Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Alokasi Belanja Modal dan Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten/Kota Riau.Jurnal SOROT, Vol. 10, No. 2, Oktober, Hal. 143 – 154, Fakultas Ekonomi, Universitas Riau.

Badan Pusat Statistik, 2021. Statistik Keuangan Pemerintah Daerah di Provinsi Riau

Badan Pusat Statistik, 2021. Survei Sosial Ekonomi Nasional, September.

Bank Indonesia http://www.bi.go.id/ Departemen Statistik Ekonomi dan Moneter

BPKP, 2012. Petunjuk Penyusunan Kompilasi Laporan Keuangan dan Analisis Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah (Revisi), Jakarta.

Budi, Santoso, 2013. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Dana Perimbangan Daerah terhadap PertumbuhanEkonomi, Pengangguran dan KemiskinanPada 33 Provinsi Di Indonesia. Jurnal Keuangan dan Bisnis Vol. 5, No. 2, Juli, Universitas Tri Sakti, Jakarta.

Dewi Ni Wayan Ratna, dan Suputra I Dewa Gede Dharma, 2017. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, Dan Belanja Modal Terhadap Pertumbuhan Ekonomi, E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol.18, No.3, Hal. 1745-1773

Edy Susanto dan Marhamah, 2016. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), dan Dana Alokasi Khusus (DAK) Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Eaerah Dengan Belanja Daerah Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada 29 Kabupaten dan 9 Kota Di Jawa Timur). Jurnal STIE Semarang, Vol. 8, No. 1, Edisi Februari (ISSN : 2252-826).

Fatimah Ari Nurul, dan Priyono Nuwun, 2020. Kontribusi PAD, Dana Perimbangan, Belanja Daerah terhadap Kesejahteraan Masyarakat di Jawa Tengah, Journal of Applied Accounting and Finance, Vol. 4, No. 2, Hal. 75-92

Firza, Murdiansyah dan Ikhsan, 2016. Analisis Pembangunan Di Provinsi Aceh Pasca Pemberlakuan Dana Otsus,Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Vol. 1, No. 2, November 2016, Hal. 467-475. Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsyiah.

Fitriyanti Nur Ika, dan Handayani Herniwati Retno, 2020. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (Pad), Dana Alokasi Khusus (Dak), Dan Belanja Daerah Terhadap Tingkat Kemiskinan (Studi Kasus 35 Kabupaten/Kota Di Provinsi Jawa Tengah Tahun 2012-2016), Diponegoro Journal Of Economics, Vol. 9, No. 2, Hal. 80-90

Fransiska, Hastin, Wulandari,2013, Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Inflasi, Pengangguran, dan Pendidikan Terhadap Kemiskinan Provinsi Di Indonesia Tahun 2008-2012. Simposium Nasional Akuntansi X, Makassar.

Ghozali, Imam,2021. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi Kesepuluh, Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Harahap, A., 2010. Pengaruh Dana Bagi Hasil Pajak dan Dana Sumber Daya Alam terhadap Belanja Modal Pada Kabupaten/Kota di Sumatera Utara, Tesis (Tidak dipublikasikan), Universitas Sumatera Utara.

Harianto David dan Adi Priyo, 2010. Hubungan Antara Dana Alokasi Umum, Belanja Modal,Pendapatan Asli Daerah dan Pendapatan Perkapita. Simposium Nasional Akuntansi X, Makassar.

Hendarmin, 2012. Pengaruh Belanja Modal Pemerintah Daerah dan Investasi Swasta terhadap Pertumbuhan Ekonomi, Kesempatan Kerja dan Kesejahteraan Masyarakat di Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Barat, Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya, Malang.

Irvan I Putu, dan Karmini Ni Luh, 2016. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Perimbangan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Dengan Belanja Modal Sebagai Variabel Intervening, E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana Vol.5, No.3, Hal. 338-362

Ismail, 2013. Seri Bunga Rampai Manajemen Keuangan Daerah Pengelolaan Keuangan Daerah. UPP AMP YKPN. Jogjakarta.

Jolianis, 2016. Analisis Pengaruh PAD, DAU dan DAK Terhadap Kemiskinan Pada Kabupaten/Kota Di Provinsi Sumatera Barat Dengan Pertumbuhan Ekonomi Sebagai Variabel Intervening, Journal of Economic andEconomic Education, Vol.4, No.2, Hal. 34-57, STKIP- PGRI Sumbar.

Khubbi Abdillah dan Djoko Mursinto, 2016. The Effects of Financial Balance Transfer and Regional Own-Source Revenue on Regional Expenditure of Regencies and Municipalities in East Java Province. Jurnal. Universitas Brawjaya Malang.

Kuncoro, Mudrajad, 2013. Otonomi dan Pembangunan Daerah, Reformasi, Perencanaan, Strategi dan Peluang, Airlangga, Jakarta.

_______, 2010. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi, Erlangga, Jakarta.

Lestari, Ahmad, Ika Sasti and Hasni, 2016. Analisis Pengaruh Jumlah Penduduk, Jumlah Tenaga Kerja dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kota Surakarta. Artikel Publikasi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Surakarta.

Lukman, Hakim, 2013. Pengaruh Belanja Modal Terhadap Pertumbuhan Ekonomi (Studi Kasus Kabupaten dan Kota di Pulau Jawa dan Bali). Jurnal STIE Semarang, Vol. 8, No. 1, Edisi Februari (ISSN : 2252-826).

Manik, 2009. Analisis Pengaruh PAD, DAU, DAK dan BelanjaPembangunan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi, Kemiskinan, dan Pengangguran, JurnalAkuntansi dan Keuangan Indonesia. Universitas Indonesia.

Mawarni, Darwanis, danGuntur Hendriwiyanto, 2013. Derajat Desentralisasi Fiskal dan Tingkat Kemandirian KeuanganPada Era Otonomi Daerah Pemerintahan Kabupaten dan Kota di Provinsi JawaTimur, Disertasi, tidak dipublikasikan. Surabaya : Pascasarjana Unair.

Meilen, Greri, Paseki, Amran. Naukoko, Patrick, Wauran, 2014. Pengaruh Dana Alokasi Umum dan Belanja Langsung Terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Dampaknya Terhadap Kemiskinan Di Kota Manado Tahun 2004-2012. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol. 14 no. 3 – Oktober. Universitas Sam Ratulangi, Manado.

Nahu, Daud, 2016. The Influence of Economic Growth on the Degree of Autonomy of the Regions and the Absorption of Labor and Social Welfare: Regencies and Cities of Maluku Province.International Journal of Economics and Finance. Vol. 8. No. 2. 2016 ISSN 1916-971XE-ISSN 1916-9728. Published by Canadian Center of Science and Education.

Nasution, Hendry, Sulaiman, 2010. Analisis Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Produk Domestik Regional Bruto era Desentralisasi Fiskal di Propinsi Banten Periode 2001-2009. Media Ekonomi. Vol.18, No.2, Agustus.

Nisa Aulia Afafun, 2017. Analisis Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Dan Bagi Hasil Pajak Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten/Kota Di Provinsi Jawa Timur, Vol. 1, Jilid 2/2017 Hal. 203-214

Nopirin, 2011. Perekonomian Indonesia, Penerbit ANDI, Yogyakarta.

Nugroho, Agung, 2010, Strategi Jitu memilih Metode statistic Penelitian dengan SPSS. Andi. Jogyakarta.

Nurmainah, 2013. Pengaruh PAD, DAU, DAK, dan DBH terhadap pengalokasianbelanja modal. Accounting Analysis Journal. Universitas Negeri Semarang.

Paat Dewi Chrisanty, Rosalina A.M. Koleangan, Rumate Vekie A., 2017, Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (Pad), Dana Perimbangan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Serta Dampaknya Terhadap Kemiskinan Di Kota Bitung, Jurnal Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan Daerah, Vol. 18, No. 4, Hal 1-10

Putrayuda T. Fahrurriza, Efni Yulia, Kamaliah, 2017. Analisis Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Bagi Hasil (DBH) Dan Belanja Modal Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Serta Dampaknya Pada Tingkat Kemiskinan Di Daerah Kabupaten/Kota Provinsi Riau Tahun 2011-2015, Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, Vol. 9, No. 3, Hal 198-224

Riduawan & Kuncoro, 2010. Metode Kuantitatif : Teori Dan Aplikasi Untuk Bisnis Dan Ekonomi. Edisi Kelima. UUP STIM YKPN. Yogyakarta.

Santi, Nurmainah. 2013. Analisis Pengaruh Belanja Modal Pemerintah Daerah, Tenaga Kerja Terserap dan Indeks Pembangunan Manusia Terhadap Pertumbuhan konomi dan Kemiskina (Studi Kasus 35 Kabupaten / Kota Di Provinsi Jawa Tengah). Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE). September. Vol. 20, No. 2, Hal. 131 – 141, Universitas Diponegoro. Semarang.

Saragih, Juli, Panglima, 2012. Desentralisasi Fiskal dan Keuangan Daerah dalam Otonomi. Ghalia Indonesia, Jakarta. Saragih, Juli, Panglima, 2008, Desentralisasi Fiskal dan Keuangan Daerah dalam Otonomi. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Sarwono,Jonathan. 2010. Analisis Jalur untuk Riset Bisnis dengan SPSS. Penerbit ANDI. Yogyakarta.

Sasana, Putro, Nugroho, 2011. Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi Umum Terhadap Pengalokasian Anggaran Belanja Modal (Studi Kasus pada Kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah). Diponegoro Jurnal Of Accounting, UNDIP, Semarang.

Sholihin dan Ratmono, 2013 Satistik Penelitian dan Aplikasinya Dengan SPSS 10.0 For Windows. Alfa Beta. Bandung.

Sianipar, Eva, Septriani, 2011. Analisis Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dan Dana Perimbangan Terhadap Pengalokasian Belanja Modal Pada Kabupaten/Kota Di Sumatera Utara, Tesis (Tidak dipublikasikan), Universitas Sumatera Utara.

Simanjuntak, 2010, Penduduk. Dalam Pengertian dan Definisi, Bina Grafika. Jakarta.

Simanullang, S. P., 2013. Ekonomi Publik: Desentralisasi Fiskal dan Pembangunan Daerah, BPFE, Unibraw, Malang.

Sri, Kuncoro, 2014. Analisis Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Tingkat Pengangguran dan Pendidikan terhadap Tingkat Kemiskinan Di Provinsi Jawa Timur tahun 2009-2011. Naskah Publikasi Karya Ilmiah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta

Statistik Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Riau, 2021.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung.

Suharto, 2009. Analisis Peran Sektor Ekonomi Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja (Studi Pada Kabupaten/Kota di Wilayah Jawa Timur). Jurnal. Universitas Brawjaya Malang. (http://www.policy.hu/suharto/modul a/makindo 13.html)

Sukirno, Sadono, 2013. Ekonomi Pebangunan Proses Masalah dan Kebijaksanaan. Penerbit FE-UI dan Bina Grafika. Jakarta

Syukriy Abdullah, 2013. Mekanisme dan Penggunaan Dana Alokasi Khusus. Jurnal Ekonomi STIE No. 2/Th. 13/25/ April-Juni : 90-109. Yogyakarta.

Syukriy, Abdullah dan Abdul, Halim. 2009. Pengaruh Dana Alokasi Umum (DAU) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap Belanja Pemerintah Daerah Studi Kasus Kabupaten/Kota di Jawa dan Bali. Jurnal EkonomiSTIE No. 2/Th. XIII/25/ April-Juni : 90-109. Yogyakarta.

Tarigan, Robert. 2010. Dana Alokasi Umum Konsep, Hambatan, dan Prospek di Era Otonomi Daerah. Cetakan kedua. Penerbit Buku Kompas. Jakarta.

Tri Hartitik, 2014. Pengaruh Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus(DAK), Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan Pertumbuhan Ekonomi terhadap Belanja Pemerintah Daerah di Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah tahun 2009-2011 Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE). September. Vol. 2, No. 2, Hal. 13-41, Universitas Diponegoro. Semarang.

Tri, Widodo, 2012. Perencanaan Pembangunan: Aplikasi Komputer (Era Otonomi Daerah). UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

Ulfi, Maryati dan Endrawati, 2010. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (OAK) Tehadap Pertumbuhan Ekonomi: Studi Kasus Sumatera Barat. Jumal Akuntansi & Manajemen. Vol 5 No.2 Desember. Hal. 68-84, ISSN 1858-3687. Politeknik Negeri Padang.

Wahyuni Anita Sri, 2020. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah Dan Dana Alokasi Umum Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kota Surakarta, Jurnal Stei Ekonomi, Vol. 20, No. 20, Hal. 1-22

Wahyuni dan Priyo 2009. Analisis Pertumbuhan Dan Kontribusi Dana Bagi Hasil Terhadap Pendapatan Daerah (Studi Pada Kabupaten/Kota Se Jawa-Bali), National Conference UKWMS, Surabaya

Wandira, Widjaja, 2013. Otonomi Daerah dan Daerah Otonom, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta

Yasa Murjana, 2010. Pengaruh Pendapatan Daerah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Dengan Belanja Daerah Sebagai Variabel Mediasi, Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya, Malang.

Yolanda, 2014. Pengaruh Dana Alokasi Umum dan Pendapatan Asli Daerah Terhadap Belanja Pemda: Studi Kasus Kabupaten dan Kota di Jawa dan Bali. Jurnal Ekonomi STEI No. 2/Tahun 13/25.

Yovita, Farah Marta, 2011. “Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi Umum Terhadap Pengalokasian Anggaran Belanja Modal (Studi Empiris pada Pemerintah Provinsi Se Indonesia Periode 2008-2010)”. Diponegoro, Jurnal Of Accounting, UNDIP, Semarang.

Yozi, Aulia, Rahman dan Ayunda, Lintang, Chamelia, 2015. Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi PDRB Kabupaten / Kota Jawa Tengah Tahun 2008-2012. Journal of Economics and Policy. Received : 21 November. Accepted: 15 Desember. Published: March. Universitas Negeri Semarang.

Yulianis, 2016. Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Asli Daerah dan Dana Alokasi Umum Terhadap Pengalokasian Anggaran Belanja Modal (Studi Empiris pada Pemerintah Provinsi Se Indonesia Periode 2008-2010), Diponegoro Jurnal Of Accounting, UNDIP, Semarang.

Zuwesty, Eka, Putri, 2015. Analisis Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD), Dana Alokasi Umum (DAU) dan Inflasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol. 5, No. 2, Oktober.

Downloads

Published

2023-05-31