Pengaruh Struktur Modal Dan Net Rofit Margin Terhadap Harga Saham Dengan Financial distress Sebagai Variabel Mediasi Pada Perusahaan Jasa Sub Sektor Pariwisata, Hotel, Dan Restoran Yang Terdaftar di BEI Tahun 2018-2021

Authors

  • Sriwahyuni Universitas Lancang Kuning
  • Agus Seswandi Universitas Lancang Kuning
  • Jeni Wardi Universitas Lancang Kuning

DOI:

https://doi.org/10.55356/jksm.v2i2.96

Keywords:

Struktur Modal, Net Profit Margin, Harga Saham, Financial Distress

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi variabel-variabel yang memiliki pengaruh besar terhadap harga saham Perusahaan Jasa Sub Sektor Pariwisata, Hotel, dan Restoran yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia antara tahun 2018-2021.Proposive sampling, yang didasarkan pada kriteria tertentu, adalah teknik pengambilan sampel yang digunakan. Penelitian ini menggunakan 12 perusahaan sebagai sampel, dan 48 lembar data. Data kemudian dianalisis statistik deskriptif, diikuti dengan analisis jalur, (Smart PLS). Terdapat uji outer model dalam analisis partial last squares (PLS), dan koefisien determinasi yang mengukur seberapa besar pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen adalah sebesar 0,104 atau 10,4%. Hasil penelitian ini adalah: Struktur modal berpengaruh positif tidak signifikan terhadap harga saham, struktur modal berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap harga saham, net profit margin berpengaruh positif signifikan terhadap harga saham, net profit margin berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap financial distress, financial distress berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap harga saham, financial distress mampu memediasi hubungan antara struktur modal dan harga saham namun tidak signifikan dan financial distress mampu memediasi hubungan antara net profit margin dan harga saham namun tidak signifikan.

References

Abdul Kadir, Sthefanie Phang, 2012, Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Net Profit Margin Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia. Vol.13, No.1. April 2012.

Agus Sartono, 2010, Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi 4. Yogjakarta: BPFE.

Agus, Harjito, dan Martono, SU, 2014, Cetakan keempat. Manajemen Keuangan edisi ke 2, Ekonisia.

Ahmad Rodoni dan Herni Ali, 2010, Manajemen Keuangan. Jakarta: Mitra. Wacana Media.

Alwi, Z. Iskandar. 2008. Pasar Modal Teori dan Aplikasi. Jakarta : Yayasan Pancar Siwah.

Bambang Riyanto. (2011). Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta : BPFE.

Brigham, E. F., & Ehrhardt. (2005). Financial Management Theory And Practice (Eleventh ed.). Ohio: South Western Cengage Learning.

Brigham, Eugene F. dan Houston, Joel F. 2011. Dasar-dasar Manajemen Keuangan Terjemahan. Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

Darmadji, Tjiptono dan M. Fakhruddin, Hendy. 2012. Pasar Modal Di Indonesia. Jakarta : Salemba Empat (PT Salemba Empat Patria).

Desmond, Wira. 2015. Analisis Fundamental Saham. Edisi kedua. Jakarta: Exceed.

Egam, G. E. Y., Ilat, V., & Pangerapan, S. (2017). Pengaruh Return On Asset (Roa), Return On Equity (Roe), Net Profit Margin (Npm), Dan Earning Per Share (Eps) Terhadap Harga Saham Perusahaan Yang Tergabung Dalam Indeks Lq45 Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2013-2015. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(1).

Fahmi, Irham. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Fahmi, Irham. 2012. “Analisis Kinerja Keuangan” , Bandung: Alfabeta

Gitman, L.J.; Zutter, C.J. 2012. Principles of Managerial Finance. 13e. Boston: Pearson.

Hanafi, Mahduh dan Abdul Halim, 2012, Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: (UPP) STIM YKPN.

Harnanto.2012. Akuntansi Keuangan Menengah.Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Hartono, Jogiyanto. (2011). Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman-pengalaman. BPFE. Yogyakarta.

Hermuningsih, Sri. 2012. Pengantar Pasar Modal Indonesia. Yogyakarta : UPP STIM YKPN.

Hery. (2016). Akuntansi Dasar. Jakarta: PT. Grasindo.

Jensen, M., C., dan W. Meckling, 1976. “Theory of the firm: Managerial behavior, agency cost and ownership structure”, Journal of Finance Economic 3:305- 360.

Kamaludin. 2015. Restukturasi Merger dan Akuisisi. Bandung: PT Raja Grafindo Persada.

Kasmir, 2014. Analisis Laporan Keuangan, Edisi Pertama, Cetakan Ketujuh. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Kasmir. (2012), Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Martalena, dan Malinda. 2011. Pengantar Pasar Modal. Edisi Pertama. Yogyakarta : Andi.

Musdalifah, A., Mintarti, S., & Nadir, M. (2015). Azis, Musdalifah, dkk. 2015. Manajemen investasi; Fundamental, Teknikal Perilaku Investor dan Return saham. Yogyakarta: Deepublish. Deepublish.

Rohmah, Rita. Mochamad Muslich. Dedi Rianto Rahadi. (2017). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Dan Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI. Jurnal Kewirausahaan, Akuntansi dan Manajemen. Vol 1 (01).

Ross, Melly. 2013. Pengaruh Pemahaman SAP, Lingkungan Kerja, Komitmen serta Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Partisipasi Dalam Penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Kota Medan. Universitas Negeri Medan.

Sansoethan dan Suryono, 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman, Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi : Volume 5, Nomor 1

Sudana, I Made. (2015). Manajemen Keuangan Perusahaan. Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.

Supriyono, R. A. (2018). Akuntansi Keperilakuan. Yogyakarta: Gadjah Mada 72 University Press.

Susan Irawati. (2006). Manajemen Keuangan. Pustaka: Bandung.

Utari, Dewi, dkk. 2014. Manajemen Keuangan : Kajian Praktik dan Teori dalam Mengelola Keuangan Organisasi Perusahaan. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Downloads

Published

2023-05-31