Kualitas Pelayanan Kesehatan Gigi terhadap Tingkat Kepuasan dan Loyalitas Pasien di Klinik Gigi Pekanbaru

Authors

  • Desi Zainul Akmal Universitas Lancang Kuning
  • Helwen Heri Universitas Lancang Kuning
  • Agus Seswandi Universitas Lancang Kuning

DOI:

https://doi.org/10.55356/jksm.v1i3.50

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, Loyalitas Pasien, Klinik Gigi

Abstract

Kualitas pelayanan dapat diartikan sebagai seberapa bagus layanan yang diberikan oleh klinik dibandingkan dengan harapan pasien. Pasien yang merasakan pelayanan yang baik dari suatu klinik akan berdampak pada kepuasan pasien dan meningkatkan keinginan untuk berobat kembali. Tujuan penulisan adalah untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan gigi berpengaruh terhadap kepuasan pasien di klinik gigi Pekanbaru, untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan gigi berpengaruh terhadap loyalitas pasien di klinik gigi Pekanbaru, untuk mengetahui apakah kepuasan pasien berpengaruh terhadap loyalitas pasien di klinik gigi Pekanbaru, untuk mengetahui apakah kepuasan pasien memediasi pengaruh kualitas pelayanan gigi terhadap loyalitas pasien di klinik gigi Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dimana data diambil menggunakan kuesioner, observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dari klinik gigi yang diteliti, pasien merasa aman dan nyaman saat berada di klinik namun pegawai belum sepenuhnya memberikan kwitansi saat dikasir. Kepuasan pasien menyimpulkan bahwa pasien yang berkunjung ke klinik gigi yang diteliti belum mendapat pendekatan secara emosional, kepuasan pasien terhadap kinerja dokter dan psikologi untuk pasien anak. Pada hasil penelitian loyalitas pasien bahwa tidak semua pasien yang memiliki kebiasaan untuk menggunakan jasa tersebut dan melakukan kontrol sekali 6 bulan.

References

Afifa Nur Chabibah (2018) Kualitas Fungsional Dan Kepuasan Pasien Terhadap Perawat Dan Dokter Gigi Di Rumah Sakit. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia Volume 6 No 2 July-December 2018 Published by Universitas Airlangga

Afni Amalia dkk (2017) Daya Tanggap, Jaminan, Bukti Fisik, Empati, Kehandalan, Dan Kepuasan Pasien. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, Volume 14, Nomor 3, Juli 2017: 356-363

Aini Fadhila Nurul dan Diansyah (2018). Pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap loyalitas dengan kepuasan pasien sebagai variabel intervening di klinik syifa medical center. Jurnal Media Studi Ekonomi. Vol. 21 No. 1

Eka Putra I Putu Agus dkk (2016). Tingkat kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan di poliklinik gigi puskesmas sukawati II tahun 2015. Jurnal Kesehatan Gigi, Vol. 4, No. 2

International Research Journal of Finance and Economics ISSN 1450-2887 Issue 60 (2010) © EuroJournals Publishing, Inc. 2010 http://www.eurojournals.com/finance.htm

Kusnadi, E. W., Abdillah, M. R., & Rahmat, A. (2022). Prediktor Kepuasan Kerja Perawat di RSUD Kabupaten Kepulauan Meranti: Sebuah Pengujian Goal-Setting Theory. Jurnal Daya Saing, 8(2), 214-223.

Lely Suratri Made Ayu dkk (2018). Kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan pasien rawat jalan rumah sakit di 7 provinsi di Indonesia. Buletin Penelitian Kesehatan. Vol. 46, No.4

Maghfirah Hariyanti Syamsul Bahri, Gunawan Bata Ilyas, Ikhsan Kadi, Ni Made Diah Pusparini Pendet, Saidna Zulfiqar Bin Tahir, M Chairul Basrun Umanailo, Rosita Umanailo (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Profesionalisme Terhadap Pasien Loyalitas Melalui Citra Rumah Sakit (Studi di Makassar Happy Hospital). Prosiding Konferensi Internasional Tahunan ke-11 tentang Teknik Industri dan Manajemen Operasi Singapura. 7473

Muzammil Hanif, Sehrish Hafeez and Adnan Riaz (2010) Factors Affecting Customer Satisfaction.

Pratama Kesuma Tanudjaya (2014). Pengaruh Pelayanan Klinik Gigi Terhadap Kepuasan Dan Kepercayaan Pasien Sehingga Meningkatkan Keinginan Untuk Berobat Kembali. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa. 42-49

Sandra, W., & Rahmat, A. (2019). Pengaruh Budaya Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Pelanggan dengan Sikap Sebagai Intervening (Studi Kasus Di PT. Telkom Witel Ridar). Jurnal Manajemen dan Bisnis Terapan, 1(2), 97-107.

Sarah Ladytama, J. Sugiarto, Sudiro (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut terhadap Kepuasan Pasien di Poliklinik Gigi RSI Sultan Agung Semarang. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia. Vol. 6. 151-152

Sri Astuti (2020) Tesis Pengaruh Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Sentosa Baru Kota Medan. Institut Kesehatan Helvetia Medan

Stefanus G. Manuhuwa (2020). “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Tk Iii Prof Dr. J.A Latumen Ambon”. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Program Pascasarjana. Universitas Hasanuddin. Makassar

Supartiningsih, Solichah (2017). Kualitas Pelayanan Kepuasan Pasien Rumah Sakit: Kasus Pada Pasien Rawat Jalan. Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit, 6 (1): 9-15

Takdir Fatimah, Syahab Alam Malik, Asma Shabbir (2017). Kualitas pelayanan kesehatan rumah sakit, kepuasan pasien dan kesetiaan. Jurnal Internasional Manajemen Kualitas & Keandalan. Vol. 30. 1198-1199

Yulia Mitra dkk (2014). Analisis tingkat kepuasan pasien atas kualitas pelayanan poli gigi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Pekanbaru. JOM FEKON, Vol. 1, No. 2

Downloads

Published

2022-08-31