Strategi Komunikasi Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pekanbaru Kota dalam Meningkatkan Keikutsertaan Pekerja BPU
DOI:
https://doi.org/10.55356/jksm.v4i1.115Keywords:
Strategi Komunikasi, segmentasi, targetingAbstract
Tujuan pemasaran secara umum adalah untuk mengetahui dan memahami pelanggan dengan baik sehingga tercipta kesesuaian antara produk atau jasa yang diharapkan dengan yang dirasakan, guna mencapai kepuasan konsumen. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pekanbaru Kota dengan Alamat: Jl. Tengku Zainal Abidini No. 26, Kelurahan Sekip, Kecamatan Lima Puluh, Kota Pekanbaru. Berdasarkan pembahasan yang telah penulis lakukan mengenai strategi Komunikasi Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pekanbaru Kota dalam Meningkatkan Keikutsertaan Pekerja BPU diperoleh kesimpulan: 1) Segmentasi berpengaruh positif terhadap peningkatan keikutsertaan BPU pada BPJS Ketenagakerjaan. 2) Targeting berpengaruh positif terhadap peningkatan keikutsertaan BPU pada BPJS Ketenagakerjaan. 3) Positioning berpengaruh positif terhadap peningkatan keikutsertaan BPU pada BPJS Ketenagakerjaan.
References
Agustian, Dwi Erlangga, Kusniawati, Aini, & Prabowo FHE. (2023). Pengaruh Ekuitas Merek Dan Garansi Terhadap Keputusan Pembelian (Suatu Studi pada Konsumen Sepeda Motor Honda di PT. Daya Anugrah Mandiri Ciamis). Repositori UNIGAL.
Amani, S. Z. (2022). Pengaruh Mediasi Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian IPhone Konsumen di Jakarta, Indonesia. In Jurnal Administrasi Profesional (Vol. 03, Issue 2).
Asnawi Nur, & Muhammad Asnan Fanani. (2017). Pemasaran Syariah. Depok : Raja Grafindo Persada, 124.
Asnawi, N., & Fanani, M. A. (2017). Pemasaran syariah: teori, filosofi & isu-isu kontemporer. Universitas Islam Negeri Malang.
Baskoro Fajar. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Kepesertaan Bukan Penerima Upah Pada Bpjs Ketenagakerjaan Kantor Cabang Perintis Pekanbaru. Istitut Agama Islam Negeri Pekanbaru.
Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan). Deepublish.
Garson, G. D. (2016). Partial Least Squares. Regression and Structural Equation Models. USA : Statistikal Publishing Associates.
Ghozali, Imam, 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang, Badan Penerbit UNDIP, Semarang.
Gunadi. 2005. Fungsi Pemeriksaan Terhadap Peningkatan Kepatuhan Pajak (Tax Compliance). Jurnal Perpajakan Indonesia Volume 4 Nomor 5: 4 – 9.
Hair J. F, Hult T.M, Ringle Chirstian M, Sarstedt M, Danks N. P, Ray S. 2021. Partial Least Square Structural Equational Modeling (PLS-SEM) Using R. Springer Internatioan Publishing. Classroom Comapnion: Business.
Hair, J. F., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2017). Partial Least Squares Structural Equation Modeling. In Handbook of Market Research (pp. 1–40). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-05542-8_15-1
Iqbal Muhammad. (2021). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion (Studi Pada Mahasiswi angkatan 2017-2018 Fisipol Prodi Ilmu Komunikasi dan Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Lampung Tahun 2020). INTERCODE.
Jogiyanto, H.M.2007.SistemInformasi Keperilakuan.Yogjakarta: Andi.
Kotler, & Armstrong. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga.
Moonti Usman. (2015). Dasar-Dasar Pemasaran. Yogyakarta: Interpena, 124.
Moonti, U. (2015). Dasar-Dasar Pemasaran (Pertama). Interpen.
Mustofa, Khoirul. 2011. Pengaruh Penghasilan dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Di Kelurahan Tembalang Semarang Tahun 2009. Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang.
Patmasari, E., Trimurti, & Suhendro. (2016). Pengaruh Pelayanan, Sanksi, Sistem Perpajakan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Membayar Pajak Bumi Dan Bangunan Di Desa Tirtosuworo, Giriwoyo, Wonogiri. Seminar Nasional IENACO, 549–556.
Putra Ade, W. R. (2014). Manajemen Pemasaran. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.
Putra Bagus Krisnanto. (2021). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Media Sosial Unika Soegijapranata Semarang Melalui Ekuitas Merek Terhadap Respon Konsumen. Repository Unika.
Rizqi, R. M. (2021). Dampak Komunikasi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Di Kota Sumbawa Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Pt. Sumbawa Apsara Beton. In Copyright©2020 Fakultas Ekonomi dan Bisnis UTS Journal of Accounting (Vol. 3, Issue 1).
Rusmawati, S., & Wardani, D. K. (2016). Pengaruh Pemahaman Pajak, Sanksi Pajak, Dan Sensus Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pribadi Yang Memiliki Usaha. Jurnal Akuntansi, 3(2), 75–91. https://doi.org/10.24964/ja.v3i2.53
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business (Seventh Ed). John Wiley & Sons Ltd.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business (Seventh Ed). John Wiley & Sons Ltd.
Shinta, A. (2011). Manajemen pemasaran. Universitas Brawijaya Press.
Silaban Badikenita Rekson. (2017). Perluasan Kepesertaan BPU BPJS Ketenagakerjaan Melalui Marketing Mix dan Regulasi. Jurnal Institut BPJS Ketenagakerjaan, 2.
Siregar, S. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Kencana.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (3rd ed.). Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi. Alfabeta.
Suryanti, H., & Sari, I. E. (2018). Pengaruh Sanksi Perpajakan, Pelayanan Fiskus Dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Ilmu Kuntansi, 16(2), 14–26.
Tjiptono Fandy. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset
Tjiptono, F. (1995). Strategi pemasaran. Andi Offset.
Tjiptono, F. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa. Andi Offset.