Pengaruh Komunikasi Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Trust Di Insyira Toko Oleh-Oleh Pekanbaru

Authors

  • Rafik Ahmad Universitas Lancang Kuning
  • Nurliana Nasution Universitas Lancang Kuning
  • Arizal N Universitas Lancang Kuning

DOI:

https://doi.org/10.55356/jksm.v3i1.112

Keywords:

Komunikasi media sosial, Trust, WOM, Keputusan pembelian

Abstract

Insyira oleh-oleh pekanbaru berdiri sejak tahun 2016. Insyira menyediakan Pancake durian, ketan talam durian, soes durian, aneka brownies, aneka cake, dinsum, cireng, cilok, aneka minuman hits Pekanbaru. Insyira oleh-oleh pekanbaru merupakan jenis usaha oleh-oleh dengan varian produk. Berdasarkan dari rumusan masalah yang telah ada maka tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui Pengaruh komunikasi media sosial dan word of mouth terhadap keputusan pembelian di Insyira toko oleh-oleh Pekanbaru. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kuantitatif karena hasil pengamatan dikonversikan ke dalam angka-angka yang akan dianalisis menggunakan statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah para pembeli produk. Peneliti menetapkan sampel dalam penelitian ini yaitu 96 orang pelanggan yang berkunjung ke Insyira toko oleh-oleh Pekanbaru. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS). Berdasarkan hasil penelitian sebelumnya dan fenomena yang terjadi, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan Komunikasi media sosial, trust dan WOM berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Demikian halnya word of mouth berpengaruh terhadap trust secara positif. Namun komunikasi media sosial dan WOM berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian melalui trust di Insyira toko oleh-oleh Pekanbaru

 

Author Biographies

Rafik Ahmad, Universitas Lancang Kuning

 

 

Nurliana Nasution, Universitas Lancang Kuning

 

 

Arizal N, Universitas Lancang Kuning

 

 

References

Abdul Wahid Muslim. Pengaruh Media Sosial, E-Service Quality dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian yang di Mediasi Oleh Gaya Hidup. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol 6 ,No.2, 2018

Andy, Sernovitz. 2010. Word Of Mouth Marketing : How Smart Companies Get People Talking (Revised Edition). New York : Kaplan Publishing.

Ferdinand, Augusty, 2014, Manajemen Pemasaran: Sebuah Pendekatan Strategik, Research Paper Series, BP. UNDIP

Harahap, Dedy Ansari (2015) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Di Pajak Usu (Pajus) Medan. Jurnal Keuangan dan Bisnis Vol. 7, No. 3, November 2015

Hadi, Sutrisno. 2015. Statistika. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Herman, Sofyan. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Manajemen. Vol. 10. No. 3. April 2013. Graha Ilmu Yogjakarta

Hasibuan. M. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara: Jakarta

I Made Wira Bimantara. Peranan Media Sosial dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Rekaman di Demores Rumah Musik. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha e-ISSN : 2599-1426 Vol. 13 No. 1 (2021)

I Made Wira Bimantara. Peranan Media Sosial dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Rekaman di Demores Rumah Musik. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha e-ISSN : 2599-1426 Vol. 13 No. 1 (2021)

Joesyiana, Kiki (2018) Pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen pada media online shop shopee di Pekanbaru (Survey pada Mahasiswa Semester VII Jurusan Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau). Jurnal Valuta Vol. 4 No 1, April 2018

Kozinets, R. (2010), The Field Behind the Screen: Using Netnography for Marketing Research in Online Communities, Journal of Marketing Research, Number 39, pp. 61-72;

Kotler, Philip. 2013. Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. IndeksKelompok Gramedia.

Khatib, F. (2016). The impact of social media characteristics on purchase decision empirical study of Saudi customers in Aseer Region. International Journal of Business and Social Science, 7(4), 41–50.

Lupiyadi, Rambat dan A. Hamdani. 2016. Manajemen Pemasaran Jasa (Teori dan Praktik). Jakarta: Salemba Empat.

Muhtar. Ini 7 Media Sosial Paling Banyak Digunakan di Indonesia. https://uici.ac.id/ini-7-media-sosial-paling-banyak-digunakan-di-indonesia/ diakses 19 Januari 2024.

Poerwadarminta. 2018. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Pratiwi, Y.R. 2017. Pengaruh Word Of Mouth Communication Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Boardgame Lounge Smart Cafe Pekanbaru. JOM FISIP Vol. 4. No. 1-Februari 2017.

Rahmawati Madanih & Oktaviana Purnamasari. Hubungan Penggunaan Media Sosial Sebagai Alat Komunikasi Dengan Kebahagiaan Lanjut Usia Di Indonesia. Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik dan Komunikasi Bisnis Vol. 5 No. 1 Juni 2021

Ratih Indriyani, Atita Suri. Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Motivasi Konsumen Pada Produk Fast Fashion. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 14, No. 1, April 2020

Umar. H. 2018. Metode Penelitian, Cet ke 6, PT Raja Grafindo Persada. Jakarta

Simamora. Henry. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Rajawali Press: Jakarta

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suandy, N. (2017). Media sosial pengaruhi perilaku konsumen. Tajuk Berita Satu. http://www.beritasatu.com.

Tjiptono, Fandy. 2015. Pemasaran Jasa. Bayumedia. Malang.

Yoeti, O.A. 2017. Tour and Travel Marketing. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Downloads

Published

2024-02-29